Monday, October 26, 2015

MOON RIVER

Malam ini, bulan bagus sekali. Tidak benderang, melainkan remang remang dan sepertinya diselubungi dengan sesuatu yang transparant. Melihat bulan yang misterius itu, saya jadi ingat lagu Moon River.
Bulan di kota saya malam ini
Kebetulan, tadi lagu itu dipasang untuk balance dance pas Zumba dan malam ini lagu Moon River cocok disenandungkan untuk si bulan, walaupun sebetulnya lagu itu tentang sungai.
Moon river, wider than a mile
I'm crossing you in style some day
Oh, dream maker, you heart breaker
Wherever you're goin', I'm goin' your way


Apakah ada sungai yang namanya Moon River ? Saya jadi penasaran. Saya ingat lagu Bengawan Solo, yang memang menceritakan Sungai Solo yah sedari dulu jadi perhatian insani. 

Johnny Mercer, pengubah lagu ini berasal dari Savannah, Georgia. Sebuah sungai di Savannah dinamakan Moon River untuk menghormati Johnny Mercer. Savannah itu adalah kota imut yang dipakai menjadi setting lokasi film Forrest Gump. Itu lho pas dia duduk tunggu bus dan ada bulu yang melayang layang...nah itulah Savannah.

Moon River di Savannah
Saya membayangkan, menyeberangi sungai dengan penuh gaya . Hmmm mungkin pake sundress cantik dan rambut yang melambai lambai ditiup angin. Jadi effectnya ethereal gitu..

Siapakah yang saya ikuti menyeberangi Moon River ? Tentu bukan orang sembarangan... melainkan a dream maker and a heart breaker. Waktu saya muda belia dan penuh angan angan yang dramatis, saya membayangkan seorang ganteng, simpatik dan pintarlah yang menjadi dream maker saya. Namun di kala usia sudah memasuki middle age, rasanya tidak ada lelaki yang bisa memenuhi kriteria dream maker dan heart breaker. 

Bagaiman dengan suami saya ? Suami saya baik sekali , namun setelah 14 tahun hidup bersama dengan dia, maaf maaf saja, saya tidak bisa memberikan kedua gelar itu kepadanya. Realitas pernikahan lama kelamaan memupus habis misteri, yang sayangnya adalah salah satu unsur penting dalam dream making and heart breaking. 

Pada akhirnya, saya memberikan kedua gelar itu, untuk Tuhan. He's a dream maker, good dreams not nightmares. 
Karena Allah sendirilah yang bekerja di dalam dirimu sehingga kamu berkehendak dan bertindak sesuai dengan maksud baik-Nya. Filipi 2:13

Heartbreaking adalah perkara yang sensitif. Siapa sih yang tidak punya pengalaman patah hati atau dikecewakan. Namun ada jenis heartbreaking yang artinya bagus. Ini contohnya:
Aku juga akan menaruh roh yang baru padamu dan mengubah caramu berpikir. Aku akan mengambil hati yang keras dari tubuhmu dan memberikan hati yang lembut kepadamu. ( Yehez 36:26 )

Bulan masih bersinar. Saya sempat memotretnya. Sayangnya terlalu gelap. Saya pasang setting night vision, dan hasil berikutnya lebih baik. Itu lho yang saya pasang di permulaan blog. Sambil memotret, saya menyanyikan Moon River bait kedua:

Two drifters, off to see the world
There's such a lot of world to see
We're after the same rainbow's end, waitin' 'round the bend

Seraya kaki melangkah, saya sadar bahwa saya adalah seorang pengembara. Siapa pengembara yang satunya lagi yang menjadi teman saya dalam mengembara di dunia ? Suami saya ? Betul. Tapi bagaiman dengan mereka yang tidak punya pasangan ? 

Tidak semua orang punya kesempatan untuk menikah. Walaupun kebanyakan orang mendapatkan kesempatan ini, namun karena satu dan dua hal tidak bertahan. Mungkin maut yang memisahkan, mungkin perceraian. Jika demikian, siapakah yang patut dijadikan partner abadi. Mungkin yang berani berjanji seperti ini
Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau. ( Kel 31:6 )

Tuhanlah partner saya. Dengan Tuhan pasti perjalanan jadi  menarik,menantang, menggairahkan, dan tidak membosankan. Walaupun banyak melalui jalan yang tidak aman namun kesudahannya pasti luar biasa menyenangkan. Karena Tuhan berkata: 
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. ( Yeremia 29:11 )

Seperti lagu Moon River itu, saya berharap perjalanan ini akan berakhir di ujung pelangi. Legenda dari Irlandia mengatakan bahwa di ujung pelangi ada seember emas. Entah apa yang ada di situ, saya tidak percaya dengan legenda, namun saya percaya kepada Tuhan yang menciptkan pelangi dan pelangi itu indah. 
Bilamana pelangi tampak di awan, Aku akan melihatnya dan mengingat perjanjian yang kekal itu antara Aku dengan segala makhluk yang hidup di bumi. (Kej 9:16)
pelangi di depan rumah, bulan mei yg lalu
Malam makin larut. Udara musim gugur membuat saya mengigil. Tubuh saya dingin, namun hati saya hangat karena timbul sebuah kesadaran bahwa saya punya sahabat agung yang luar biasa.
Kalian tidak lagi Kupanggil hamba, sebab hamba tidak tahu apa yang sedang dikerjakan tuannya. Kalian Kupanggil sahabat, sebab semua yang Kudengar dari Bapa, sudah Kuberitahukan kepadamu.( Yoh 15:15 )

Suara daun gugur yang terinjak sepatu terdengar garing di telinga. Saya melangkah ke pekarangan rumah lalu membuka pintu. Suara tawa suami dan anak anak terdengar sambil diiringi suara TV sebagai latar belakang. Saya menyenandungkan bagian akhir dari lagu Moon River.

My huckleberry friend, moon river, and me.

Di dalam rumah, sinar lampu terang benderang, dan di luar, bulan bersinar temaran. 

5 comments:

  1. Moon River, it acquaints us with the thought that friends are valuable part of a person’s life.
    https://posmusica.wordpress.com/2017/11/07/moon-river-buitenzorg/

    ReplyDelete
  2. Baru nemuin lagu ini dan kujadiin favorit. Wkwkw terus cari makna lagunya, eh ternyata deep banget yakk.

    Jesus Bless !

    ReplyDelete