Thursday, June 11, 2015

My Housewife Education

Walaupun saya lulusan sarjana,
mengenai hal ihwal rumah tangga saya bisa diibaratka lulusan TK saja.
Bukan apa-apa, saya tidak mengerti sama sekali bagaimana mengatur rumah, membersihkan rumah, memasak , dll

Yang paling parah dalam hal mengatur dan membersihkan rumah
Konsep yang ada di kepala saya itu nol besar
Jika saya melihat sebuah rumah yang nyaman, 
yang saya pikir adalah dekorasinya bagus. Dekorasi dan organisasi adalah dua hal yang sangat berbeda.

Untungnya saya ketemu beberapa buku tentang housekeeping dan house organizing . Buku mengenai rumah tangga pertama yang mengubah hidup saya adalah " How Not To Be a Messy" oleh Sandra Felton. Ada dua kategori orang yaitu messy dan cleanie. Berbahagialah para cleanie, karena mereka secara alamiah mengerti bagaimana caranya mengatur rumah. Sebaliknya, messie itu IQnya jongkok ( IQ rumah tangga lho, IQ saya sih masih normal ), jadi harus ada usaha ekstra untuk belajar. Buku ini memberikan trick tricknya. 



Buku lain yang saya sukai adalah The Sink Reflection by Fly Lady, Marla Cilley. Yang paling saya ingat adalah pesan Fly Lady tentang dua hal yang harus dilakukan untuk bisa efektif dalam rumah tangga yaitu ,1.bak cuci piring yang dibersihkan sejak malam dan 2. mandi/berdandan pagi pagi. Sampai sekarang saya berusaha melakukan kedua hal ini

Sekarang ini, buku rumah tangga yang ngetop adalah karya Marie Kondo. Di perpustakaan lokal sudah banyak yang antre untuk pinjam buku ini. 


Saya masih belum selesai membacanya, tetapi sejauh ini cukup menarik. 


No comments:

Post a Comment