Thursday, October 16, 2014

Daun Warna Warni Musim Gugur dan Ubah Rencana

Waktu saya belajar bahasa Cina dulu,
pas jaman kuda gigit besi,
ada satu kata yang muncul di text book 
yaitu Hongye yang kalau diterjemahkan secara harfiah adalah daun merah

daun warna warni musim gugur yang sudah gugur 

Setelah tinggal di mid-west, barulah saya mengalami hongye tersebut
Ketika musim gugur datang ( september-november )
pohon yang daunnya hijau akan berubah warna
Tidak hanya merah, ( hongye )
melainkan oranye, kuning mustard, burgundy, coklat

cuaca yang agak mendung pas jalan pagi

Cuaca pun mulai dingin,
Langit yang tadinya biru cerah mulai menjadi abu-abu kelam
Di toko pun mulai dijual apple cider ( juice apel ), 
yang bisa kita minum hangat atau dingin
Juga tibalah musimnya untuk petik apel di apple orchard
atau petik labu di pumpkin patch

Saat musim gugur, rasa yang populer adalah
rasa apple dan labu yang biasanya ada 
kombinasi rasa kayu manis dan cengkeh
Jadi kita bisa beli pumpkin pie donut
atau spiced apple caramel latte 
atau spiced pumpkin latte

(bukan iklan produk DD)
tomat yang tidak kunjung matang dari kebun suami
Baju-baju katun musim panas disimpan
Cardigan, jaket, syal, boots, dan topi mulai dipakai
Musim gugur adalah musim favorit saya

Pagi ini , saya dan dua orang teman jalan kaki 
untuk menikmati daun warna warni musim gugur
Lumayan juga kita jalan 2 mile lebih
Seger rasanya...pake acara selfie dan foto pemandangan

But first, let us take a selfie

Setelah itu kita kembali kepada kesibukan masing-masing
Saya ada janji eye check-up
Tapi pas datang ke optik,
mereka bilang dokternya tidak datang
karena ada pasien yang membatalkan appointmentnya
Mereka pikir saya membatalkan
Saya bilang, saya tidak telepon
Lho bagaimana sih ?
( saya mendongkol dalam hati )
Mereka nggak enak hati dan minta maaf

Rencana kedua untuk bikin bakso ayam juga gagal
Karena butcher di toko langganan kehabisan ayam cincang
Yah akhirnya saya beli ayam potong saja
( agak dongkol lagi )

Tapi Puji Tuhan tidak marah dan tidak kesel
Mungkin karena paginya sudah olahraga 
dan menikmati daun warna warni musim gugur
Mungkin juga karena dilindungi oleh Yang Mahakuasa
diberikan kesabaran supaya tidak cepat ngambek 
si tengah bantu sapu daun gugur
si bungsu juga..
nah kalo begini kan mamanya happy dan tidak gampang ngambek

Kalau bisa setiap hari maunya begitu
tambah sabar dan tambah enjoy







No comments:

Post a Comment