Monday, July 9, 2018

Pure Michigan , Part 1

Eka dan Sesi di depan Michigan Soldiers and Sailors Monument

Pure Michigan adalah tema iklan tentang Michigan pada tahun 2008 untuk memasarkan Michigan sebagai tempat tujuan pariwisata.  Sekarang ini kita bisa meihat semboyan Pure Michigan tertulis di license plate mobil dan juga tertera di papan papan penunjuk arah di jalan tol. "Welcome to Pure Michigan !"  
Ann Arbor
Minggu lalu sepupu saya Eka dan Sesi yang tinggal di Toronto, Canada, menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Pure Michigan. Mereka masuk lewat jalan darat yang bordernya ada di Detroit. Detroit sempat menjadi bahan pembicaraan keluarga dan saudara yang di Indonesia. 

Kerrytown yang ciamik
"Kalian baik baik saja, kan katanya Detroit bangkrut ya ? "
Jawaban saya biasanya, saya nggak tinggak di Detroit kok, saya tinggal sekitar 60 km di sebuah kota satelit sebelah baratnya Detroit. 

Eka dan Sesi cuma nginap dua malam, dengan demikian mereka hanya menikmati sejumput kecil dari yang ditawarkan oleh Pure Michigan. Kami sempat jalan-jalan di downtown Ann Arbor, yang terkenal dengan universitasnya yang bagus , University of Michigan. Go Blue ! Kami pergi ke Kerrytown, kawasan tempat perbelanjaan, restaurant, kafe, museum dan juga rumah rumah yang unik. Kami masuk ke gedung yang di dalamnya ada toko toko ciamik. 

Princess yang berlayar di Detroit River
Lalu keesokan harinya, kami jalan jalan ke downtown Detroit. Kami ke Rennaisance Center, naik tram yang namanya People Mover , untuk melihat pemandangan kota dari atas rel tram.      Foto foto di depan Detroit River, lalu cabut ngider ke Belle Isle. 

rumah kaca di Belle Isle
Tahun 2005, Belle Isle itu jelek sekali, green house conservatory-nya hijau ditumbuhi lumut. Ilalang tumbuh liar di pinggiran sungai , dan tahi bebek dan angsa ada di mana-mana. Belle Isle juga terkenal sebagai daerah rawan. Namun setelah Detroit bangkrut dan diambil alih oleh State, Belle Isle diperbaharui menjadi cantik kembali. Sekarang tempat ini penuh dengan keluarga-keluarga yang piknik dan wisata air. Green housenya sudah dibersihkan dan dibuka untuk umum, demikian juga air mancurnya, kebun binatang kecilnya serta mercu suarnya. Tahun lalu, saya sempat melihat penampakan para pengantin untuk foto foto wedding di Belle Isle. 

Anak anak bersama Aunty Sesi mengumpulkan sea glass yang ada di pinggiran sungai yang melingkari Belle Isle. Sea glass adalah pecahan pecahan beling yang sudah diperhalus oleh air sungai selama kurun waktu beberapa/ber-tahun-tahun. Sea glass di sini masih besar bongkahannya, mungkin belum lama prosesnya di dalam air.

yummy yummy
Kami dinner bersama di The Shake Shack, restaurant burger yang sedang populer. Setelah kenyang, kami jalan jalan lagi mengitari Campus Martius park. Ramai dan santai suasananya. Orang-orang pada kongkow kongkow di sekitar daerah berpasir yang dibuat di tengah tengah taman. Anak anak bisa bikin sand castle, tapi anak anak saya sudah tidak mau lagi. 

kereta genjot kekinian, sambil gowes sambil minum bir
Saat itu Detroit sedang panas sekali. Ketika kami memasuki gedung 1000 Woodward ave, yang di ada Restaurant Texas de Brazil dan Hardrock Cafe, kami mendapati sebuah kesejukan...atrium kaca yang di tengah-tengahnya ada water sculpture yang menjulang setinggi 14 lantai. Sejukkkkk karena ada air mancurnya dan keren karena warna-warninya dan juga lampu lampu di atasnya berganti ganti warna secara otomatis. 
beautiful water sculpter
Semoga Eka dan Sesi puas mengamati sisi cantik dari Detroit. Sisi buruknya...hahaha tidak usah dibahaslah. 

    



 

No comments:

Post a Comment