Saturday, July 25, 2020

Setelah Kelulusan


Hari ini, si sulung resmi lulus SMA
Upacaranya dibikin kekinian, 
yaitu drive through graduation ceremony
Melihat si sulung berfoto foto dengan jubah dan toga, 
mengingatkan saya terhadap moment setelah lulus SMA
Terutama ketika diperhadapkan kepada 
pemilihan jurusan kuliah
Dan tentunya, jadi ingat akan peranan mama dan papa saya

Papa dan mama saya cenderung nyantai orangnya
Anak-anaknya diberikan kebebasan 
dalam menetukan pilihan studi dan karier
Bahkan sepertinya , mereka tidak pernah mempertanyakan 
pilihan studi kami

Jadilah saya ambil sinologi,
bidang yang tidak terlalu populer pada akhir 90-an
Lalu adik saya juga ambil bidang manajemen di Atma
Papa dan mama mengiyakan saja

Sekarang ketika giliran saya menjadi orang tua
Barulah saya mengerti bagaimana perasaan orang tua 
Ketika anak-anaknya mulai besar dan belajar ambil keputusan
Tidak mudah jadi orang tua


Sekarang, si Sulung memutuskan untuk mengambil bidang
yang asing bagi kami yaitu trombone performance
Sempat juga saya dan suami ketar ketir di dalam hati
Namun setelah kami pikir pikir lagi
Kami berdua memutuskan untuk memberikan dia 
kebebasan untuk memilih
Kami percaya bahwa setiap manusia diberikan kebebasan 
oleh Yang Maha Kuasa
untuk memilih jalan hidupnya
Selama pilihannya baik dan ia bertanggung jawab
Kami akan legawa membiarkan dia berjalan 
dengan kompasnya sendiri
bukan kompas kami


Kami selalu mendoakan anak kami
supaya ia sukses dalam menemukan blueprint 
yang sudah disiapkan oleh Yang Maha Kuasa buat dia pribadi
Kami lepaskan si sulung ke tangan Yang Maha Kuasa
Kami percaya Yang Maha Kuasa akan mengajari si sulung
dan besarlah kedamaian si sulung
Saya percaya bahwa Yang Kuasa akan membimbing dia
selangkah demi selangkah
walaupun dia tidak sempurna, tapi Yang Maha Kuasa sempurna
dan buat orang percaya selalu ada belas kasihan, pertolongan 
dan kasih karunia

Itu doa saya buat si Sulung, si Tengah dan si Bungsu
Amin

No comments:

Post a Comment